selamat datang di blog kami, semoga bermanfaat

5.01.2011

MV Sinar Kudus Bebas dari Perompak Somalia


Kapal MV sinar kudus dinyatakan oleh pihak perusahaan samudra indonesia telah bergerak meninggalkan perairan Somalia menuju ke pelabuhan terdekat yang aman dengan pengawalan kapal perang TNI AL.
Keseluruh 20 awak kapal yang berrkewanegaraan Indonesia ini dilaporkan berada dalam keadaan selamat dan sehat. Kendali telah sepenuhnya kembali berada pada awak kapal. Berita ini juga sudah diketahui oleh pihak keluarga setiap awak Kapal Sinar Kudus.

Bebasnya kapal beserta awaknya, setelah 46 hari dibajak, merupakan hasil dari upaya komunikasi intensif yang dilakukan pihak perusahaan dengan pihak perompak untuk mencapai pembebasan kapal dan keseluruh awaknya dengan aman dan selamat.

Kapal Sinar Kudus dibajak perompak Somalia sejak 16 Maret 2011 lalu. Kapal dengan bobot mati 8911 ton ini berada di posisi sekitar 350 mil laut tenggara Oman dan sedang dalam perjalanan dari Pomalaa, Sulawesi Tenggara menuju Rotterdam, Belanda, dengan membawa muatan fero nikel, ketika dibajak. Kapal yang dibuat tahun 1998 ini dimiliki samudera Indonesia dan berbendera Indonesia.

Sejak awal pembajakan MV Sinar Kudus, pemerintah dengan seluruh perangkatnya juga mendukung sampai pada proses pembebasan.Koordinasi yang baik dan efektif dengan pihak pemerintah memegang peranan penting dalam proses tercapainya penyelesaian kasus pembajakan kapal ini
Dalam melakukan proses pembebasan ini,banyak hal dimana pihak perusahan dan pemerintah tidak dapat menyampaikannya secara terbuka kepada publik dan media.

Tujuannya untuk menjaga keselamatan jiwa awak kapal dalam upaya pembebasannya serta juga berempati kepada kapal-kapal lain yang masih dalam penyanderaan perompak Somalia. Di sebagian kapal asing itu juga terdapat awak kapal warga negara indonesia.

foto2 ini dari berbagai sumber:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar